Sabtu, 31 Mei 2014

Komputasi dan Parallel Processing


Pada tugas softskill sebelumnya saya mengulas tentang "Komputasi Modern" nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang “ Parallel Processing dan Hubungannya dengan Komputasi Modern”. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut…
 

Komputasi
Komputasi dapat diartikan sebagai suatu cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Awalnya komputasi dilakukan dengan cara manual yakni dengan kertas dan pena. Namun dewasa ini, sesuai dengan berkembangnya teknologi, komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer untuk mempercepat proses perhitungannya.

Parallel Processing ( Pemprosesan Paralel )
Parallel Processing atau Pemrosesan Paralel adalah komputasi dua atau lebih tugas pada waktu bersamaan dengan tujuan untuk mempersingkat waktu penyelesaian tugas-tugas tersebut dengan cara mengoptimalkan resource pada sistem komputer yang ada untuk mencapai tujuan yang sama. Pemrosesan paralel dapat mempersingkat waktu ekseskusi suatu program dengan cara membagi suatu program menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang dapat dikerjakan pada masing-masing prosesor secara bersamaan.
Tujuan utama dari pemrosesan paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Komputasi Paralel
Adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.
Tujuan dari komputasi parallel adalah meningkatkan kinerja komputer dalam menyelesaikan berbagai masalah. Dengan membagi sebuah masalah besar ke dalam beberapa masalah kecil, membuat kinerja menjadi cepat.

Model Komputasi
Terdapat 4 model komputasi yaitu :

  a. SISD
SISD (Single Instruction Single Data )  model hanya digunakan 1 processor saja. Oleh karena itu model ini bisa dikatakan sebagai model untuk komputasi tunggal. Sedangkan ketiga model lainnya merupakan komputasi paralel yang menggunakan beberapa processor.

 b.   SIMD
SIMD (Single Instruction Multiple Data)  menggunakan banyak processor dengan instruksi yang sama, namun setiap processor mengolah data yang berbeda.

 c.    MISD
MISD (Multiple Instruction Single Data) menggunakan banyak processor dengan setiap processor menggunakan instruksi yang berbeda namun mengolah data yang sama. Hal ini merupakan kebalikan dari model SIMD.


 d.    MIMD
MIMD (Multiple Instruction Multiple Data) menggunakan banyak processor dengan setiap processor memiliki instruksi yang berbeda dan mengolah data yang berbeda.


KESIMPULAN :
Mengapa kita perlu menggunakan komputasi pararel pada saat pengolahan data dalam jumlah yang besar? Karena dengan menggunakan komputasi parallel, kita dapat lebih menghemat waktu serta akurat dalam mengolah data yang jumlahnya cukup besar.

Hubungan antara Komputasi Modern dengan Parallel Processing

Komputasi Modern dengan Parallel Processing sangan berkaitan. Mengapa ?
Karena penggunaan parallel processing pada kinerja komputasi modern memanfaatkan beberapa komputer atau processor untuk memecahkan masalah yang ada, sehingga dapat dilakukan lebih cepat dari pada harus menggunakan satu komputer atau processor. Komputasi dengan paralel processing akan menggabungkan beberapa CPU, dan membagi-bagi tugas untuk masing-masing CPU tersebut. Jadi, satu masalah terbagi-bagi penyelesaiannya. Perlu digaris bawahi, penggunaan komputasi dengan parallel processing lebih efektif digunakan untuk masalah yang besar. Namun jika masalah yang dihadapi kecil untuk penghematan cukup dengan menggunakan satu processor saja.


Fitria Ariestasari
(52410844) 
4IA14


Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_paralel
http://www.gudangmateri.com/2009/12/pemrosesan-paralel.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi










Tidak ada komentar:

Posting Komentar